Minggu, 10 Oktober 2010

Menghapus Trauma Masa Kecil

Kehidupan manusia merupakan mata rantai. Setiap tahapannya akan berpengaruh pada tahapan selanjutnya. Kita tidak dapat memisahkan antara masa kecil dengan masa remaja; masa remaja dengan masa dewasa. Disetiap tahapan itu ada pengalaman, kenangan, dan peristiwa, kadang menyakitkan, kadang membahagiakan. Dan tahapan di masa kecil adalah tahapan paling penting dalam hidup seseorang. Gadis kecil yang mengalami berbagai peristiwa dan tekanan yang menyakitkan, seperti mendapat pukulan keras, diperlakukan dengan zholim atau buruk, dan ditekan oleh seorang kerabat, guru, atau saudara yang lebih tua akan membekas dalam ingatannya. 
Semua pengalaman ini akan selalu membebani diri seseorang tanpa disadari dan akan membangkitkan kembali ingatan yang sama seandainya ia mengalami kejadian serupa yang terjadi di masa kecil. Jika kita tidak mampu melupakan kenangan masa kecil yang menyakitkan sebaiknya kita mengisi waktu dengan kegiatan yang berguna. Ciptakan pengalaman-pengalaman baru yang berguna dan lakukanlah kegiatan-kegiatan positif yang membuat kita bisa menghargai diri dan orang lain.
Jadikanlah pengalaman kita sebagai pelajaran berharga dalam memperlakukan anak-anak kita, kerabat, teman, anak didik kita dan semua orang yang berada di bawah tanggung jawab kita. Jangan sampai mereka mengalami yang dulu pernah kita alami. Kesibukan yang kita ciptakan sebaiknya kesibukan yang kita sukai, menyenangkan, bermanfaat bagi kita dan orang lain. Teruslah belajar menjadi orang yang mudah memaafkan, walau orang yang sudah menzholimi kita itu tak mau minta maaf plus merasa tidak bersalah.
Itu memang tidak mudah, tapi saat hati kita tidak kita biarkan ada benci, dendam, sakit hati, kecewa, dll maka ketenangan, kelapangan hati itu   bisa kita dapatkan. Tapi kita tidak bisa mengandalkan kemampuan hati kita yang punya banyak kelemahan, so kita harus meminta pertolongan Alloh yang menciptakan hati ini. Agar Alloh mengangkat segala rasa yang tidak baik dalam hati kita dan mengganti dengan rasa yang lebih menenangkan hati. Memiliki hati yang tenang itu enak loh. Tapi kita tentu harus memenuhi apa yang diinginkan sebuah hati agar menjadi sehat, tenang, lapang, kuat,pokoknya tahan banting deh dalam menghadapi semua ujian dalam hidup ini. Sayangny banyak sekali orang yang hatinya sakit, lemah, dan lebih parahnya orang tersebut tak menyadari kalau hatinya dah sakit. So bagaimana agar hati kita menjadi sehat seperti harapan kita yang ingin selalu memiliki tubuh yang sehat. Ngebahas terapi penyakit hati akan kita lanjutkan pada posting berikutnya. Deal?
Semoga apa yang tertulis di sini dapat bermanfaat bagi saya dan teman-teman sekalian, dari yang muda sampai yang akik-akik and ninik-ninik. Komentar dari kalian dengan tujuan membangun ke arah yang lebih baik aku tunggu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar